10 Manfaat Jalan Kaki


gif
2. Memperkuat Jantung

Berjalan setidaknya 30 menit sehari, lima hari seminggu dapat mengurangi risiko penyakit jantung koroner sekitar 19 persen. Risiko bisa berkurang jika Anda meningkatkan durasi atau jarak Anda berjalan per hari.



3. Membantu Menurunkan Gula Darah

Berjalan kaki singkat setelah makan dapat membantu menurunkan gula darah Anda.

Pertimbangkan jalan santai pasca makan sebagai rutinitas Anda.



4. Meringankan nyeri sendi

Berjalan dapat membantu melindungi persendian, termasuk lutut dan pinggul Anda. Gerakan saat berjalan menyebabkan cairan pelumas sendi bekerja. Juga membantu memperkuat otot-otot yang mendukung sendi.


Berjalan juga dapat memberikan manfaat bagi penderita artritis, seperti mengurangi rasa sakit. Dan berjalan 5 hingga 6 mil seminggu dapat membantu mencegah radang sendi.


5. Meningkatkan fungsi kekebalan tubuh

Berjalan dapat mengurangi risiko Anda terserang flu.


Sebuah studi menggunakan sampel 1.000 orang dewasa selama musim flu. Mereka yang berjalan dengan kecepatan sedang, selama 30 hingga 45 menit sehari. Dibanding orang yang jarang bergerak, mereka berisiko 43 persen lebih sedikit hari sakit dan lebih sedikit infeksi saluran pernapasan bagian atas secara keseluruhan.


Cobalah berjalan-jalan setiap hari untuk merasakan manfaat-manfaat ini. Jika Anda hidup di iklim dingin, Anda bisa mencoba berjalan di treadmill atau di sekitar mal dalam ruangan.




6. Meningkatkan Energi

Jalan santai saat Anda lelah mungkin merupakan dorongan energi yang lebih efektif daripada meraih secangkir kopi.


Berjalan meningkatkan aliran oksigen ke seluruh tubuh. juga meningkatkan kadar kortisol, epinefrin, dan norepinefrin.


7. Meningkatkan Mood

Berjalan dapat membantu kesehatan mental Anda. Study Trusted Source menunjukkan itu dapat membantu mengurangi kecemasan, depresi, dan suasana hati yang negatif. Jalan kaki juga dapat meningkatkan harga diri dan mengurangi gejala penarikan sosial.


Untuk merasakan manfaat ini, usahakan jalan cepat 30 menit atau olahraga intensitas sedang lainnya tiga hari seminggu.


8. Memperpanjang Usia

Berjalan dengan langkah lebih cepat bisa memperpanjang hidup Anda. Para peneliti menemukan bahwa berjalan dengan kecepatan rata-rata dibandingkan dengan kecepatan lambat menghasilkan 20 persen penurunan risiko kematian secara keseluruhan.


Sedangkan berjalan dengan langkah cepat (setidaknya 4 mil per jam) mengurangi risiko sebesar 24 persen. Studi ini mengamati hubungan berjalan dengan kecepatan yang lebih cepat dengan faktor-faktor seperti keseluruhan penyebab kematian, penyakit kardiovaskular, dan kematian akibat kanker.


9. Perkuat Otot

Berjalan menguatkan otot-otot di kaki Anda. Untuk membangun lebih banyak kekuatan, berjalanlah di area berbukit atau di atas treadmill dengan tanjakan. Atau temukan rute dengan tangga. Manfaatnya hampir sama dengan bersepeda atau jogging . Anda juga dapat melakukan latihan ketahanan seperti squat untuk memperdalam dan menguatkan otot kaki Anda.


10. Berpikir kreatif

Berjalan dapat membantu menjernihkan pikiran Anda dan membantu Anda berpikir kreatif.


Sebuah studi yang mencakup empat percobaan membandingkan orang yang mencoba memikirkan ide-ide baru saat mereka berjalan atau duduk. Peneliti menemukan peserta melakukan lebih baik saat berjalan, terutama saat berjalan di luar ruangan.


Para peneliti menyimpulkan bahwa berjalan membuka aliran ide yang bebas dan merupakan cara sederhana untuk meningkatkan kreativitas dan mendapatkan aktivitas fisik pada saat bersamaan.


Ide menarik: cobalah untuk memulai pertemuan berjalan kaki dengan kolega Anda saat mengalami masalah di tempat kerja.


Semoga bermanfaat.

0 tampilan
dokterku online sehat dengan cara pintar
dokterku online sehat dengan cara pintar
dokterku online sehat dengan cara pintar
dokterku online sehat dengan cara pintar

© dokterkuonline - 2014, Partnership, Sponsorship, & Advertisement : dokterkuonline@gmail.com   designed by Kimpoel's Creative Community

  • w-facebook
  • Twitter Clean
  • w-googleplus