Manfaat GAYA HIDUP SEHAT

April 24, 2014

Pengertian gaya hidup sehat adalah gaya hidup yang fokus terhadap masalah kesehatan, mulai dari konsumsi makanan maupun perilaku sehari-hari untuk menuju hidup sehat. Namun gaya hidup modern saat banyak sekali yang tidak sesuai dengan gaya hidup sehat sehingga risiko terhadap berbagai penyakit akan meningkat.

 

Di perkotaan gaya hidup pekerja kantor saat ini sangat sedikit aktifitas fisiknya, lebih banyak duduk karena semuanya dapat dikerjakan dengan menggunakan komputer, selain itu tingkat stress yang tinggi serta pola makan yang tidak seimbang di tambah dengan kebiasaan merokok dan minum alkohol. Bagi seseorang yang kurang aktifitas fisik dalam kehidupan sehari-hari tentu dapat meningkatkan risiko terjadi berbagai macam penyakit antara lain kegemukan, kencing manis, penyakit jantung dan pembuluh darah, stroke, kolesterol tinggi, osteoporosis, nyeri sendi dan otot, stress, gangguan mata, varises serta ambeien dan lain-lain.

 

Dengan menerapkan gaya hidup yang sehat ternyata dapat menurunkan terjadinya risiko berbagai macam penyakit tersebut.

 

Berikut Pola Hidup Sehat yang dapat dilakukan:

  • Olahraga teraturManfaat olahraga bagi kesehatan sangat beragam manfaatnya antara lain yaitu : mengurangi risiko berbagai penyakit, mengurangi stress dan depresi, menjaga berat badan, meningkatkan energi, membuat tidur lebih pulas, menjaga kesehatan jantung , mencegah osteoporosis, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, memperlancar aliran darah, meregenerasi sel tubuh sehingga kita lebih segar dan bugar serta meningkatkan kolesterol yang baik (HDL). Olahraga dilakukan secara teratur dengan frekuensi 3-5 kali per minggu dalam waktu 30 menit. Dalam memilih jenis olahraga sebaiknya disesuaikan dengan usia. Hindari olahraga kompetitif bagi yang berusia ≥ 40 tahun. Kapanpun waktunya baik itu pagi atau siang atau sore, asal konsisten melakukannya adalah waktu yang terbaik untuk berolahraga.

  • Hindari stress. Kesehatan emosional memainkan peranan besar dalam gaya hidup sehat. Beberapa tips agar terhindar dari stres adalah selalu berpikiran positif terhadap sesuatu hal, sharing atau ceritakan masalah kepada orang yang di percaya, memiliki waktu untuk melakukan hal yang membuat rileks, melakukan olahraga secara teratur dan lain-lain

  • Intake makanan dan minuman yang sehat. Sebaiknya hindari makanan yang berlemak tinggi, makanan cepat saji, makanan instan, makanan yang mengandung pengawet. Buah-buahan dan sayuran harus selalu ada di setiap menu makanan.

  • Hindari minuman beralkohol dan manis

  • Cukup istirahat.  Dengan istirahat yang cukup maka tubuh akan siap menjalankan aktifitas berikutnya. Istirahat yang cukup akan memberikan waktu bagi tubuh untuk memulihkan diri sehinga sistem kekebalan tubuh akan meningkat. Waktu istirahat yang ideal untuk dewasa berkisar antara 6-8 jam sehari. Manfaat istirahat yang berkualitas antara lain untuk meregenerasi sel-sel tubuh, meningkatkan daya tahan tubuh, mengoptimalkan kerja otak dan meningkatakn daya konsentrasi.

  • Cukup minum air putih. Agar dapat berfungsi secara optimal setiap sistem dalam tubuh sangat tergantung dengan air. Manfaat air bagi tubuh diantaranya untuk melarutkan racun, membawa nutrisi ke sel-sel tubuh, mengatur suhu tubuh, melancarkan pencernaan, pembakaran kalori menjadi lebih maksimal, merawat kecantikan, membantu menjaga berat badan dan dapat mencegah batu ginjal. Kebutuhan air setiap individu berbeda-beda, namun dari beberapa penelitian kesehatan menyebutkan bahwa konsumsi air yang dianjurkan berkisar antara 1,5 sampai 2 liter (8- 10) perhari, namun hati-hati pada penderita gagal ginjal. Seseorang membutuhkan konsumsi cairan lebih disaat melakukan olahraga, cuaca panas, minuman tertentu seperti soda, kopi dan alkohol, sedang terkena diare, demam dan muntah serta pada wanita hamil dan menyusui.

  • Tidak merokok. Berbagai penelitian kesehatan telah membuktikan bahwa kebiasaan merokok berdampak terhadap timbulnya masalah kesehatan antara lain kanker terutama kanker paru, penyempitan pembuluh darah yang merupakan risiko utama pada penyakit jantung dan stroke, gangguan pencernaan, gangguan sistem reproduksi, kulit menjadi kering serta gangguan pada organ paru-paru. Berhenti merokok selain bermanfaat dari sisi kesehatan juga bermanfaat dari sisi ekonomi serta mental dan sosial. Dengan melakukan gaya hidup sehat, badan akan terasa sehat dan bugar sehingga kualitas dan produktifitas kerja semakin meningkat dan terhindar dari berbagai penyakit.

 

Selamat mencoba.

[dr Novie Hediyani, MKK/dokterkuonline.com]

Please reload

Please reload

Cari di Arsip dokterkuonline:

Baca Artikel Lain:

14 Dec 2019

Please reload

  • Facebook Social Icon
  • Twitter Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • Pinterest Social Icon
  • Instagram Social Icon
dokterku online sehat dengan cara pintar
dokterku online sehat dengan cara pintar
dokterku online sehat dengan cara pintar
dokterku online sehat dengan cara pintar

© dokterkuonline - 2014, Partnership, Sponsorship, & Advertisement : dokterkuonline@gmail.com   designed by Kimpoel's Creative Community

  • w-facebook
  • Twitter Clean
  • w-googleplus