Manfaat Jalan Kaki untuk Kesehatan

February 18, 2017

 

Jalan kaki merupakan olahraga yang sederhana, selain murah biayanya juga relatif mudah untuk diterapkan dalam kegiatan hidup sehari-hari. Berbagai penelitian menunjukkan, berjalan kaki banyak sekali manfaatnya bagi kesehatan jika dilakukan secara teratur sebanyak 3-5 kali dalam seminggu dengan lama 30 menit setiap kali berjalan kaki.

 

Bagi yang tinggal di kota besar, menyempatkan diri untuk berolahraga seringkali tidak ada waktu. Kesibukan bekerja, kondisi jalan yang macet, polusi, dan kepadatan aktifitas lainnya menyebabkan seseorang sudah amat lelah begitu sampai di rumah sehingga tidak ada waktu untuk berolahraga sederhana sekalipun seperti jalan kaki. Kondisi tersebut sangat menyedihkan mengingat banyak manfaat kesehatan yang dapat kita rasakan dengan berjalan kaki.

 

Tetapi, kondisi tersebut seyogyanya tidak dijadikan penghalang untuk berolahraga. Olahraga jalan kaki memang lebih baik dilakukan di pagi hari, namun bagi seseorang yang sibuk bekerja maka  olahraga tersebut  tetap dapat dilakukan di saat jam istirahat kantor atau saat pulang kantor.

 

Berbagai penelitian berikut menunjukkan fakta-fakta menarik seputar olahraga jalan kaki dan kaitannya dengan kesehatan:

 

  • Membantu menurunkan tekanan darah

Penelitian di Universitas Colorado dan Universitas Tennessee menemukan bahwa wanita yang berjalan kaki sebanyak 1-2 mil dalam sehari dapat menurunkan tekanan darah hampir 11 poin dalam waktu 24 minggu.

 

  • Mengurangi resiko stroke

Penelitian di Universitas Harvard menemukan bahwa wanita yang berjalan kaki selama 30 menit sehari dapat mengurangi risiko stroke sekitar 20-40%. Penelitian di University of South Carolina menemukan bahwa dengan berjalan kaki cepat selama 30 menit dalam 5 kali seminggu dapat menurunkan risiko stroke sebanyak 40 % dibandingkan  dengan yang tidak berolahraga.

 

  • Meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh

  • Menurunkan resiko patah tulang

Penelitian  di Boston menyimpulkan bahwa wanita menopause yang berjalan kaki sekitar 30 menit sehari akan mengurangi risiko patah tulang pinggul sebesar 40 %.

 

  • Mencegah osteoporosis

Menurut Michael A. Schwartz, MD, seorang dokter ortopedi di New York ternyata berjalan kaki membantu mencegah terjadinya osteoporosis dan osteoartritis. Bagi wanita yang menopause sangat dianjurkan untuk olahraga jalan kaki dengan jarak 1,6 kilometer secara teratur, karena pada penelitian lain memberi bukti bahwa rutinitas jalan kaki dapat menambah daya massa tulang tubuh agar lebih baik dan padat. Selain itu bisa menunda lebih lama menurunnya mutu tulang di kaki.

 

  • Memperpanjang umur

Penelitian di Universitas Kedokteran Michigan mengatakan bahwa orang yang berjalan kaki sebanyak 35 % mempunyai usia lebih panjang sekitar 8 tahun dibanding orang yang tidak melakukan jalan kaki.

 

Penelitian lain yang melibatkan orang-orang berusia  ≥ 64 tahun menemukan bahwa berjalan kaki selama satu jam setiap harinya dapat mengurangi usia biologis seseorang hingga 12 tahun. Studi ini juga menemukan bahwa berjalan kaki selama 30 menit lebih baik daripada berjalan kaki selama 10 menit beberapa kali sehari.

 

Jurnal of Clinal Oncology menemukan bahwa wanita penderita kanker payudara yang melakukan olahraga jalan kaki secara teratur memiliki 45 % lebih tinggi untuk bertahan hidup bila di bandingkan dengan yang tidak berolahraga.

 

  • Mengurangi gejala depresi

Penelitian dari University of Stirling Skotlandia menemukan bahwa melakukan olahraga ringan seperti berjalan kaki ternyata dapat membantu mengurangi gejala depresi. Penelitian Nurul terhadap lansia di Malang menyimpulkan bahwa olahraga jalan kaki mempunyai efektifitas terhadap penurunan depresi pada lansia di panti werdha Lawang.

 

  • Menguatkan otot

Berjalan kaki mampu membuat otot kaki, paha termasuk bokong menjadi kuat serta membantu memperbaiki postur tubuh.

 

  • Mengontrol kadar gula darah

Penelitian dari American Medical Association menemukan bahwa, orang yang latihan di pagi hari termasuk jalan kaki, mampu menunjukkan kontrol yang lebih baik pada gula darah sepanjang hari.

 

Berdasarkan Program Pencegahan Diabetes dinyatakan bahwa orang yang berjalan kaki dalam waktu 150 menit dalam satu minggu, bisa menurunkan risiko terkena penyakit diabetes sampai 58%. Akan tetapi, hal ini jika dibarengi dengan kecepatan turunnya berat badan sekitar 7% dari berat tubuh.

 

  • Mencegah Diabetes

Jalan kaki secara rutin, mampu membuat kadar gula darah dalam tubuh tetap stabil terjaga sehingga dapat mencegah terkena penyakit diabetes. Penelitian dari National Institute of Diabetes and Gigesive and Kidney Diseases, dengan berjalan kaki secara teratur dengan kecepatan 6 km/ jam dan dilakukan selama 50 menit sudah  mampu mencegah diabetes.

 

  • Menjaga kesehatan jantung

Dengan berjalan kaki secara teratur  maka kolesterol baik (HDL) akan naik dan kolesterol jahat akan turun (LDL) sehingga dapat mencegah terjadinya aterosklerosis yang menyebabkan penyakit jantung koroner. Survey terhadap 72.488 perawat oleh Nurse’s Health Study, menyimpulkan bahwa dengan berjalan kaki 3 jam lebih dalam satu minggu ternyata dapat menurunkan risiko serangan jantung sampai 35%, ketimbang dengan mereka yang tidak rutin berjalan kaki.

 

  • Menjaga kebugaran dan Kekebalan Tubuh

Dengan berjalan kaki pagi, sebanyak 3 kali dalam seminggu bisa meningkatkan kebugaran dan menjaga sistem pernafasan. Dengan kondisi tubuh yang bugar tentu kekebalan tubuh akan meningkat

 

  • Meningkatkan metabolisme tubuh

  • Membantu tubuh melepaskan hormon endorfin

Endorfin ini adalah hormon yang mengandung senyawa kimia yang mampu membuat seseorang merasa senang. Hormon ini diproduksi oleh kelenjar pituitary yang terletak di bagian bawah otak. Hormon ini menimbulkan perasaan senang dan nyaman dan membuat seseorang berenergi

 

  • Meningkatkan konsentrasi

Dengan berjalan kaki di pagi hari membuat kita akan lebih waspada. Hal ini mengoptimalkan kekuatan otak untuk semakin berkonsentrasi.

 

  • Mencegah Pikun

Jika rutin berjalan kaki di pagi hari, maka secara fisik akan mampu melindungi fungsi otak dan mampu mengurangi resiko pikun hingga 40% terutama bagi orang yang memiliki usia diatas 65 tahun.

 

Riset baru manfaat jalan kaki yang berkaitan antara peran kognitif dan kegiatan berjalan kaki menghasilkan sesuatu yang menarik. Wanita yang rajin berjalan kaki dengan gerak langkah ringan diatas 90 menit per pekan, mempunyai potensi kognitif yang baik sekali, daripada yang kegiatan berjalan kaki yang tidak lebih dari 40 menit dalam satu minggunya. Fungsi kognitif adalah merupakan aktivitas mental secara sadar seperti berpikir, mengingat, belajar dan menggunakan bahasa

 

  • Menjaga kualitas tidur yang baik

Penelitian dari Fred Hutchison Cancer Research Center di Seattle, menunjukkan bahwa olah raga yang dilakukan pada pagi hari membantu  tidur nyenyak pada malam hari.

 

  • Meningkatkan kualitas sperma

Dengan berolahraga jalan kaki 3 x seminggu dapat meningkatkan kesuburan pria dan meningkatkan kualitas sperma dalam waktu enam bulan. Para peneliti, dari Urmia University di Iran, menemukan bahwa efek positif pada sperma mulai terjadi saat seminggu mereka menghentikan latihan.

 

  • Menurunkan Berat badan

Berjalan kaki dapat membakar kalori jika dikerjakan secara rutin. Dikatakan bahwa jalan kaki di pagi hari selama 20 menit tiap hari, akan membakar kurang lebih 7 pound lemak per 20 menit. Studi lain ini juga menemukan, berjalan kaki secara rutin tiap harinya dapat membakar kalori hingga mencapai penurunan berat badan sekitar 2,3 kg per tahunnya

 

Setelah kita mengetahui banyak manfaat yang dapat kita peroleh dengan berjalan kaki, mari kita mulai untuk berjalan kaki, semoga dapat bermanfaat

 

Prepared by dr Novie Hediyani,MKK

 

SUMBER :

  • http://health.kompas.com/read/2012/04/19/064502/bebaskan.depresi.dengan.olahraga.jalan.kaki

  • http://artikelkesehatan99.com/hidup-sehat-dengan-jalan-kaki/

  • http://manfaat.co.id/20-manfaat-jalan-kaki-pagi-hari

  • http://www.netralnews.com/news/kesehatan/read/41601/penelitian.terbaru.olahraga.jalan.kaki.bisa.meningkatkan.kualitas.sperma

  • http://manfaatjalankaki.com/manfaat-jalan-kaki-30-menit.html

  • http://forum.viva.co.id/indeks/threads/riset-baru-manfaat-jalan-kaki.68121/

  • https://ndayeng.files.wordpress.com/2015/11/running-man-design-vector-silhouettes-graphics.jpg

  • http://manfaatjalankaki.com/riset-baru-manfaat-jalan-kaki-terlengkap.html

  • http://infosehatbugar.com/627/inilah-5-manfaat-yang-anda-dapatkan-dari-jalan-kaki-rutin.html

Please reload

Please reload

Cari di Arsip dokterkuonline:

Baca Artikel Lain:

14 Dec 2019

Please reload

  • Facebook Social Icon
  • Twitter Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • Pinterest Social Icon
  • Instagram Social Icon
dokterku online sehat dengan cara pintar
dokterku online sehat dengan cara pintar
dokterku online sehat dengan cara pintar
dokterku online sehat dengan cara pintar

© dokterkuonline - 2014, Partnership, Sponsorship, & Advertisement : dokterkuonline@gmail.com   designed by Kimpoel's Creative Community

  • w-facebook
  • Twitter Clean
  • w-googleplus