Manfaat Buah Alpukat Bagi Kesehatan

June 11, 2018

 

 

 Siapa yang tidak kenal buah ALPUKAT, selain enak dimakan dan di buat jus atau sebagai pelengkap salad ternyata buah alpukat juga mengandung senyawa yang bermanfaat bagi kesehatan. Untuk mendapatkan manfaat sehat dari buah alpukat, syaratnya adalah memakan daging buahnya secara utuh, jadi bukan dengan ditambahkan gula dan susu kental manis.

 

Buah alpukat  memiliki nama latin Persea Americana. Buah alpukat memiliki kulit lembut tak rata berwarna hijau tua hingga ungu kecoklatan, tergantung pada varietasnya. Daging buah alpukat berwarna hijau muda dekat kulit dan kuning muda dekat biji, dengan tekstur lembut.

 

Saat ini alpukat sudah menjadi makanan umum. Buah alpukat dapat ditemukan pada isian roti panggang,  sushi, es krim atau smoothies dan lain-lain

 

Berikut manfaat zat yang terkandung dalam alpukat yang harus diketahui:

  • Merupakan sumber terbaik dari karotenoid dan phytonutrient.

  • Setiap kali kita mengkonsumsi makanan yang kaya karotenoid, maka tubuh akan menerima banyak asupan vitamin A yang baik untuk kesehatan mata. Karotenoid juga meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan kesehatan fungsi sistem reproduksi. Karotenoid dapat larut dalam lemak, sehingga mengoptimalkan penyerapan nutrisi.

  • Mengandung vitamin A dan E

Vitamin E dikenal sebagai vitamin yang berguna untuk menghaluskan kulit. Campuran vitamin E dan vitamin A sangat berguna dalam perawatan kulit. Kombinasi vitamin E dan vitamin A membuat kulit menjadi kenyal, menghilangkan kerut, membuat kulit terlihat muda dan segar.

  • Mengandung Potasium atau Kalium

Potasium (dikenal juga sabagai kalium) yang ada dalam alpukat dapat mengurangi depresi, mencegah pengendapan cairan dalam tubuh dan dapat menurunkan tekanan darah.

  • Mengandung banyak lemak tak jenuh yang berdampak positif dalam tubuh.

Lemak ini berguna untuk menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL), yang berarti dapat mencegah penyakit stroke, darah tinggi atau penyakit jantung. Lemak tak jenuh pada alpukat juga mudah dicerna tubuh sehingga dapat memberikan hasil maksimal pada tubuh. Lemak tak jenuh pada alpukat juga mengandung zat anti bakteri dan anti jamur.

  • Mengandung Asam oleat

Yang  merupakan antioksidan yang sangat kuat dapat menangkap radikal bebas dalam tubuh akibat polusi, radikal bebas dalam tubuh akan menimbulkan berbagai macam keluhan kesehatan.

 

  • Mengandung Vitamin B6

Vitamin ini berkhasiat untuk meredakan sindrom pra-haid atau pra-menstruasi (PMS) yang umumnya diderita wanita setiap bulan.

  • Mengandung Mineral Mangan dan Seng

Unsur ini bermanfaat untuk meredakan tekanan darah tinggi, memantau detak jantung dan menjaga fungsi saraf tetap terjaga.

  • Mengandung Zat Besi dan Tembaga

Zat ini diperlukan dalam proses regenerasi darah sehingga mencegah penyakit anemia.

  • Merupakan sumber Vitamin B1

  • iamin dalam alpukat membuatnya bermanfaat dalam meningkatkan metabolisme lemak dan karbohidrat. Selain itu, buah ini juga dapat membantu meningkatkan fungsi pencernaan, peredaran darah, dan sistem saraf. Tiamin juga dapat meningkatkan kesehatan seksual pria dan menyembuhkan disfungsi ereksi.

  • Merupakan sumber vitamin B2

Riboflavin yang hadir dalam alpukat dapat mendorong pembentukan sel darah merah dan membantu untuk meningkatkan sirkulasi darah. Vitamin ini juga mendukung pertumbuhan dan perkembangan organ seksual, serta membantu menyembuhkan disfungsi ereksi dengan meningkatkan aliran darah ke alat kelamin.

  • Merupakan sumber protein

Alpukat menyediakan semua 18 asam amino esensial yang diperlukan bagi tubuh untuk membentuk protein lengkap. Berbeda dengan protein dalam daging yang sulit untuk dicerna bagi kebanyakan orang, protein alpukat sangat mudah diserap oleh tubuh karena ia juga mengandung serat.

  • Kaya Nutrisi

Kandungan gizi yang tinggi dalam buah ini membuatnya menjadi obat alami untuk disfungsi ereksi. Ahli gizi percaya bahwa kehadiran beta-karoten, magnesium,vitamin E, dan kalium dalam alpukat dapat membantu meningkatkan hasrat seksual pria dan memerangi impotensi.


 

Manfaat Alpukat Bagi Kesehatan

 

  • Membantu menurunkan Berat Badan

Buah alpukat mengandung lemak tak jenuh yang mudah dicerna tubuh, dan lemak jenis ini sangat baik bagi tubuh karena dapat membantu mengurangi kadar lemak jenuh dalam tubuh. sehingga bagi yang sedang menjalankan cara diet sehat, disarankan untuk memasukkan buah alpukat sebagai salah satu menu diet

 

  • Mencegah Penyakit Stroke

Buah alpukat memiliki kandungan folat yang sangat tinggi. Kandungan folat tersebut bermanfaat untuk mencegah serangan stroke. Dengan banyak mengonsumsi buah alpukat, kemungkinan seseorang terserang stroke akan lebih diminimalisir.

 

  • Membantu menurunkan kolesterol

Kandungan beta-sitosterol dalam buah ini yang cukup tinggi, senyawa ini dapat mengurangi jumlah kolesterol yang diserap dari makanan. Kombinasi betasitosterol dan lemak tak jenuh tunggal membuat alpukat merupakan makanan yang baik untuk memecah kolesterol.

 

  • Mencegah anemia dan serangan jantung

Di dalam buah alpukat ini mengandung tembaga dan zat besi. Zat besi dan tembaga sangat membantu dalam hal pembentukan sel darah merah, dengan sering memakan buah alpukat dapat mencegah kekurangan darah atau anemia. Buah alpukat juga dapat memantau detak jantung dan menjaga fungsi saraf tubuh agar tetap terjaga.

 

  • Menangkal Radikal Bebas

Radikal bebas yang merugikan tubuh dapat dihindari dengan konsumsi buah alpukat secara teratur. Kandungan vitamin E, C, serta flavonoid dalam buah alpukat baik dalam menjaga tubuh dari radikal bebas.

 

  • Menjaga dan melindungi kesehatan mata

Kandungan vitamin A dalam alpukat berperan penting dalam menjaga kesehatan mata serta melindungi mata dari beberapa jenis penyakit mata seperti katarak dan macula.

 

  • Mencegah atau mangurangi rematik

Efek kombinasi dari nutrisi yang terkandung dalam alpukat menawarkan manfaat besar sebagai anti-inflamasi (anti-peradangan). Kombinasi unik dari buah alpukat seperti Vitamin C dan E, karotenoid, selenium, seng, pitosterol dan omega-3 asam lemak membantu mencegah peradangan. Hal ini menunjukkan bahwa alpukat dapat membantu mencegah atau mengurangi risiko penyakit osteoarthritis dan rematik

 

  • Melindungi tubuh dari serangan kanker prostat

Alpukat dikenal baik memiliki nutrisi untuk mencegah pertumbuhan kanker prostat. Terdapat senyawa dalam buah alpukat yang mempunyai peran untuk menghancurkan sel kanker yang baru timbul tanpa mengakibatkan kerusakan sel yang lain.

 

  • Bermanfaat bagi sperma

Manfaat Alpukat bagi sperma kaitannya dengan kualitas sperma, kandungan antioksidan dalam alpukat terbukti memberikan lebih banyak manfaat dibandingkan kopi dan teh. Fakta ini dibuktikan dalam penelitian para ahli dari University of Western Australia dan Monash University.

 

 

Manfaat Buah Alpukat Bagi Ibu Hamil

 

Menjaga keadaan kulit wanita hamil yang sensitif karena perubahan hormon agar terlihat lebih lembab, berguna untuk mencegah penyakit Spina Bifida pada janin yang dikandung.

 

  • Dapat mengontrol tekanan darah

Peneliti dari Department of Pennsylvania State University, melakukan penelitian kepada 45 orang yang mengidap obesitas. Mereka diminta untuk menambahkan porsi alpukat dalam menu makanan harian, satu buah per hari.


Hasil penelitian yang dipublikasikan di menemukan bahwa konsumsi satu buah alpukat dapat menurunkan tekanan darah hingga 13,5 mm/Hg. Dikatakan peneliti, jika konsumsi alpukat dilakukan secara rutin, dan menerapkan pola diet sehat, pasien hipertensi stadium ringan bisa tidak perlu lagi mengonsumsi obat-obatan. Tak hanya itu, peneliti juga menemukan bahwa konsumsi alpukat secara rutin mampu menjaga efektivitas insulin. Hal ini sangat bermanfaat bagi para pengidap diabetes tipe 2, atau bahkan pasien pradiabetes

 

  • Dapat mencegah stroke dan serangan jantung

Dr Paul Sanders dari University of Alabama, Birmingham, melakukan penelitian untuk melihat manfaat kalium dan potassium pada pisang dan alpukat untuk kesehatan jantung.  Pisang dan alpukat dapat menghentikan penyumbatan fatal dengan mencegah pengerasan arteri. Hal ini diduga karena kadar potassium yang rendah dalam darah yang mencegah ekspresi gen yang menjaga fleksibilitas arteri, menurut studi yang dipublikasikan dalam Journal of Clinical Investigation Insight.

 

 

Prepared by dr Novie hediyani, MKK

 

 

 

SUMBER :

  • https://health.detik.com/berita-detikhealth/4015000/penting-fakta-alpukat-bagi-kesehatan-tubuh-yang-perlu-kamu-ketahui

  • https://health.detik.com/berita-detikhealth/3900305/4-manfaat-sehat-alpukat-yang-sudah-terbukti-secara-ilmiah

  • http://repository.usu.ac.id/bitstream/handle/123456789/52111/Chapter%20II.pdf;jsessionid=21510441252671551FEBFB91F261D8C6?sequence=4

  • jogja.tribunnews.com/2017/04/16/inilah-beberapa-manfaat-positif-dari-buah-alpukat-untuk-kesehatan-tubuh

Please reload

Please reload

Cari di Arsip dokterkuonline:

Baca Artikel Lain:

14 Dec 2019

Please reload

  • Facebook Social Icon
  • Twitter Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • Pinterest Social Icon
  • Instagram Social Icon
dokterku online sehat dengan cara pintar
dokterku online sehat dengan cara pintar
dokterku online sehat dengan cara pintar
dokterku online sehat dengan cara pintar

© dokterkuonline - 2014, Partnership, Sponsorship, & Advertisement : dokterkuonline@gmail.com   designed by Kimpoel's Creative Community

  • w-facebook
  • Twitter Clean
  • w-googleplus