Manfaat Buah Pir untuk Kesehatan

November 7, 2018

 

Buah pir merupakan salah satu buah yang disukai oleh banyak orang.  Buah pir berwarna hijau dan kuning. Buah pir kaya akan vitamin, mineral serta memiliki daging dengan rasa cenderung manis dan teksturnya yang renyah membuat buah pir sangat nikmat untuk di santap. Buah pir juga kaya akan antioksidan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Buah Pir merupakan buah hipoalergik, yang artinya orang dengan alergi makanan dapat mengonsumsi buah ini tanpa efek samping.

 

Kandungan buah pir terdiri dari beberapa zat yang sangat berguna bagi tubuh. Di dalam buah pir terkandung zat-zat diantaranya air, karbohidrat, protein, serat, dan sedikit lemak.  Serat yang terkandung dalam buah pir mencegah terjadinya konstipasi dan juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Diet dengan tinggi serat berhubungan dengan penurunan resiko kanker kolon. Kandungan air pada buah ini tergolong tinggi sehingga baik untuk mencegah dehidrasi.

 

Selain itu, kandungan dalam pir kaya akan berbagai macam vitamin, antara lain vitamin A, B1, B2, C, E, K, niasin, asam pantotenat. Kandungan vitamin C dan E yang merupakan zat antioksidan cukup tinggi dalam buah pir dapat membantu melindungi sel tubuh dari radikal bebas.  Beberapa mineral seperti kalsium, fosfor, copper,besi, sodium, dan potassium juga ditemukan sebagai kandungan dari buah pir. Copper juga merupakan antioksidan membantu melindungi tubuh dari SOD (super oxide dismutase), suatu enzim yang menyingkirkan radikal superoksid. Intake copper yang cukup juga mengurangi resiko terjadinya kanker kolon.

 

Beberapa nutrisionis telah merekomendasikan pir sebagai salah satu buah yang terbaik untuk membantu mencegah dan mengurangi risiko beberapa penyakit.

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa mengkonsumsi pir bersama kulitnya dapat meningkatkan kandungan fitonutrisi fenolik mencapai 3-4 kali lipat daripada dikupas. Fitonutrisi ini termasuk antioksidan, flavonoid anti-inflamasi dan anti-kanker. Kulit buah pir juga mengandung setengah dari total serat makanan pada buah pir.Karena kandungan tersebut, konsumsi buah ini dihubungkan dengan penurunan risiko sejumlah penyakit kronis seperti inflamasi kronis dan stress oksidatif yang dapat menyebabkan penyakit jantung dan diabetes tipe 2.

 

Dalam 100 gram buah pir (1 buah ukuran sedang = 178 gram) mengandung 58 kalori.

 

 

APA SAJA MANFAAT BUAH PIR?

 

Selain nikmat rasanya ternyata buah pir juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan antara lain :

  • Memiliki tulang yang kuat

Buah pir mengandung mineral yang bernama boron. Mineral ini dapat membantu tubuh untuk menyerap kalsium dengan lebih baik. Selain itu, boron juga dapat bekerjasama dengan magnesium dan vitamin D yang akan mendukung kalsium untuk memperkuat tulang sehingga dapat mencegah terjadinya osteoporosis

 

  • Terhindar dari kencing manis tipe 2

Berbagai penelitian telah membuktikan bahwa buah pir dapat mencegah terjadinya diabetes (kencing manis) tipe 2. Hal tersebut dikarenakan buah pir mengandung flavonoid yang dapat mengontrol kadar gula dalam darah. Selain itu flavonoid yang terkandung dalam buah pir juga dapat meningkatkansensitifitas insulin.

 

  • Menurunkan berat badan

Buah pir kaya akan serat, sehingga membuat rasa kenyang lebih lama. Buah pir juga rendah kalori, sehingga tidak akan menyebabkan kenaikan berat badan meski di konsumsi setiap hari.

 

  • Menurunkan tekanan darah

Kandungan serat dan berbagai vitamin yang terkandung dalam buah pir, ternyata terbukti dapat menurunkan tekanan darah. Konsumsi serat 10 gram setiap hari akan membuat tekanan darah menjadi lebih stabil. Buah Pir mengandung potassium yang merupakan mineral esensial untuk mengontrol tekanan darah. Selain itu, kandungan antioksidan asam klorogenik juga berperan dalam menurunkan tekanan darah.

 

  • Terbebas dari kanker

Buah pir merupakan sumber vitamin A dan C sekaligus buah yang kaya akan antioksidan. Kandungan tersebut terbukti dapat menangkal radikal bebas yang menjadi penyebab kanker. Mengkonsumsi pir setiap hari akan menjauhkan kita dari salah satu penyakit yang mematikan ini. Buah Pir dapat membantu menurunkan konsentrasi assam empedu sekunder pada usus dan menurunkan risiko perkembangan kanker. Kandungan fitonutrisi, terutama asam cinnamic (coumaric acid, ferulic acid, 5-caffeoylquinic acid) berperan mencegah terjadinya kanker.

 

  • Mengatasi sembelit

Buah pir memiliki kandunganserat yang tinggi sehingga bagus untuk mengatasi masalah sembelit dan berperan dalam menjaga kesehatan saluran cerna

 

  • Memerangi penyakit kardiovaskular

Buah pir banyak mengandung mineral seperti sodium dan kalium yang penting untuk meningkatkan sirkulasi darah dan menguatkan otot jantung. Penelitian menunjukkan bahwa serat pada pir mampu mengikat asam empedu dalam usus, menurunkan asam empedu dan sintesis kolesterol yang berperan dalam peningkatkan penyakit jantung.

 

  • Mengurangi risiko peradangan usus besar

Buah pir mengandung serat tinggi yang dapat mencegah dan mengatasi kolitis (peradangan usus besar). Kandungan serat yang tinggi pada buah pir juga dapat menurunkan risiko divertikulosis. Divertikulosis merupakan timbulnya kantung pada usus besar yang dapat mengakibatkan infeksi dan komplikasi pada saluran pencernaan. Konsumsi makanan yang kaya serat dapat menurunkan risiko peradangan pada usus besar.

 

  • Mengurangi kolesterol

  • Meningkatkan Imunitas

Kandungan vitamin C dan tembaga berperan untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh. Vitamin C berperan menstimulasi pembentuk dan aktivitas sel darah putih.

 

  • Meningkatkan sirkulasi sel darah merah

Bagi penderita anemia, pir dapat sangat membantu, terutama karena kandungan tembaga dan zat besi di dalamnya, Tembaga meningkatkkan asupan mineral ke dalam sistem tubuh dan meningkatkan level zat besi yang berdampak pada peningkatan sintesis sel darah merah. Zat besi merupakan bagian terpenting dari hemoglobin yang berperan mengangkut oksigen dalam darah.

 

  • Mencegah kerusakan kulit

Serat yang terkandung pada buah pir berperan dalam menjaga kelembutan dan kehalusan kulit dengan cara mempercepat pembuangan glukosa dalam aliran darah dan mencegah kerusakan kolagen kulit akibat lonjakan glukosa.

 

  • Mencegah penuaan

Mengunyah pir setiap hari dapat menjauhkan dari penuaan. Buah ini kaya akan vitamin C yang merupakan antioksidan yang sangat efektif dalam menjaga kulit, serta vitamin K dan tembaga. Kandungan tersebut dapat memerangi radikal bebas sehingga mampu melindungi sel kulit dari kerusakan. Pir berperan dalam mengencangkan kulit dan mencegah pembentukan garis-garis halus dekat mata.

 

  • Sumber energi

Pir dapat menjadi sumber energi yang cepat bagi tubuh. Hal ini dikarenakan buah ini mengandung lebih dari 2 jenis monosakarida (fruktosa dan glukosa dalam jumlah besar), dan juga karbohidrat. Mengonsumsi pir saat olahraga dapat menjadi solusi untuk meningkatkan performa.

 

  • Meningkatkan Performa Olahraga

Penelitian menunjukkan bahwa pir merupakan salah satu buah yang efektif untuk meningkatkan performa olahraga pada atlet. Pir mengandung gula alami serta potassium, vitamin C, dan vitamin D yang dapat meningkatkan energi dan menjadi makanan yang tepat untuk dikonsumsi sebelum olahraga.

 

  • Membantu Proses Pemulihan

Buah pir dapat mempercepat waktu pemulihan dengan mengurangi peradangan dan meningkatkan kemampuan untuk mengatasi stress oksidatif selama olahraga.

Menambahkan buah pir dalam pola makan sehari-hari dapat memberikan banyak manfaat bagi tubuh kita.

 

Prepared by dr Novie Hediyani, MKK

 

  • SUMBER :

  • Silver Health Resource Siloam Hospital edisi November- Desember 2017

  • https://lifestyle.kompas.com/read/2017/12/12/065428820/tahukah-anda-ada-4-khasiat-menakjubkan-buah-pir

  • https://www.liputan6.com/health/read/2558841/7-manfaat-makan-pir-setiap-hari

  • https://www.e-jurnal.com/2013/12/kandungan-buah-pir.html

  • http://lagizi.com/khasiat-kulit-dan-buah-pir/

Please reload

Please reload

Cari di Arsip dokterkuonline:

Baca Artikel Lain:

14 Dec 2019

Please reload

  • Facebook Social Icon
  • Twitter Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • Pinterest Social Icon
  • Instagram Social Icon
dokterku online sehat dengan cara pintar
dokterku online sehat dengan cara pintar
dokterku online sehat dengan cara pintar
dokterku online sehat dengan cara pintar

© dokterkuonline - 2014, Partnership, Sponsorship, & Advertisement : dokterkuonline@gmail.com   designed by Kimpoel's Creative Community

  • w-facebook
  • Twitter Clean
  • w-googleplus