MONJAWANG + Ramuan Ajaib Mengatasi Berbagai Penyakit

Seiring kemajuan teknologi farmasi yang menghasilkan berbagai terobosan di bidang kesehatan, sisi lain yang dikenal dengan istilah “alternatif”, “tradisional”, atau “HERBAL” pun mengalami kemajuan signifikan. Berbagai riset bahan-bahan herbal telah menghasilkan produk yang dalam kategori pengobatan dikenal sebagai JAMU dalam berbagai bentuk, komposisi, dan kegunaan uniknya bagi dunia medis. Salah satunya yang mencengangkan adalah suspensi (larutan) buah lemon, jahe, dan bawang putih single clove.

Perpaduan tiga bahan herbal itu dikenal masyarakat dengan sebutan MONJAWANG (leMON, JAhe, baWANG). Apa khasiat suspensi herbal MONJAWANG? Yuk kita telusuri kandungan masing-masing bahan terlebih dahulu:

LEMON

Buah lemon atau sitrun (citroen dalam bahasa Belanda) memiliki klasifikasi ilmiah sebagai berikut:

Kingdom: Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super Divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Kelas: Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
Sub Kelas: Rosidae
Ordo: Sapindales
Famili: Rutaceae (suku jeruk-jerukan)
Genus: Citrus
Spesies: Citrus x limon

 

Kandungan kimiawi sitrun antara lain:

Pektin, minyak atsiri 70 % limonene, alpha-terpinene, alpha-pinene, beta-pinene, citral, felandren, koumarins, bioflavonoids geraniol asetat, asam sitrat, linalil asetat, dan zat gizi, yaitu: vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin C (50 mg per 100 gr buah), kalsium, fosfor, besi, serat, protein, karbohidrat, lemak.

 

Kekayaan kandungan kimia buah yang satu ini sudah lazim dimanfaatkan sebagai bahan obat-obatan, kosmetik, minuman, dan makanan. Khasiat buah lemon antara lain:

 

  • Mencegah Kudis

Penyakit kudis disebabkan oleh kurangnya kolagen yang dihasilkan dari diet rendah vitamin C. Kurangnya kolagen membuat dinding sel rusak, pendarahan terjadi dalam tubuh, bintik luka memar, dan kehilangan gigi.

 

Lemon mencegah penyakit kudis berkat konsentrasi besar vitamin C yang ditemukan dalam buah. Asam askorbat, nama lain dari vitamin C, berasal dari bahasa Latin yang berarti “tanpa kudis”.

 

  • Astringent

Menurut Julia F. Morton dari Universitas Purdue di Italia, lemon digunakan untuk mengobati kondisi dengan gejala inflamasi, seperti gingivitis, stomatitis, dan peradangan lidah. Astringents seperti lemon juga digunakan pada kulit untuk mengurangi pembengkakan dan menghilangkan iritasi. Pengobatan sendiri dengan lemon untuk penyakit serius ini tidak dianjurkan kecuali di bawah arahan dokter.

 

  • Pencegahan Arthritis

Lemon adalah penyedia besar manfaat antioksidan tinggi vitamin C. Iowa State University menyatakan bahwa vitamin ini merupakan antioksidan yang paling umum dan mampu menetralkan radikal bebas yang tentu saja melalui tubuh. Radikal bebas berkontribusi terhadap penuaan dan penyakit, dan juga terkait dengan peradangan jaringan.

 

  • Manfaat Lemon untuk Kecantikan

Selain jeruk nipis, lemon merupakan salah satu jenis jeruk yang paling serng digunakan untuk bahan perawatan kecantikan. Mulai dari perawatan kulit wajah hingga rambut. Berikut referensi mengenai manfaat buah lemon untuk perawatan kecantikan dalam kehidupan sehari-hari:

 

  • Digunakan sebagai obat penghilang jerawat

Sari atau perasan air lemon mengandung antibacterial berfungsi mengatasi bakteri penyebab jerawat. Biasanya sari atau perasan air lemon dicampur dengan beberapa tetes madu. Hal ini sering digunakan karena khasiatnya sudah terbukti. Selain itu, perpaduan dua bahana lami berkhasiat untuk menghilangkan bekas jerawat yang biasanya akan meninggalkan noda hitam di wajah.

 

  • Sebagai pemutih gigi yang menguning

Kandungan kalsium yang terdapat pada sari atau perasan air lemon biasa digunakan sebagai cairan pemutih gigi. Caranya campurkan sari atau perasan jeruk lemon dengan sedikit backing soda. Oleskan pada gigi yang nampak menguning, biarkan selama kurang lebih satu menit. Kemudian sikat dengan sikat gigi dan basuh menggunakan air bersih. Jangan lakukan hal ini terlalu sering. Asam dalam sari atau perasan lemon bias merusak email gigi kita.

 

  • Melembapkan bibir yang kering

Kandungan vitamin C yang terdapat dalam buah lemon bias mengangkat sel-sel kulit mati pada bibir. Sel-sel kulit mati itulah yang sebenarnya membuat bibir terlihat kering. Cara penggunaan dengan mengoleskan irisan lemon segar pada bibir secara perlahan. Diamkan beberapa detik lalu basuh dengan air bersih. Lakukan hal ini secara teratur. Lihat juga artikel cara melembabkan bibir untuk pengetahuan lebih dalam.

 

  • Pengganti sabun cuci muka (facial foam)

Kita sering menggunakan sabun cuci muka (facial foam) untuk membersihkan wajah kita dari kotoran. Tentu facial foam buatan pabrik banyak mengandung bahan-bahan kimia yang mungkin sangat berbahaya untuk kulit di sekitar wajah manusia. Sebenarnya ada cara alami yang bias Anda gunakan untuk membersihkan muka Anda. Buah lemon misalnya. Ganti cara lama Anda dengan cara ini. Cukup menggosokkan sari atau perasan air lemon pada wajah Anda. Sari lemon terbukti efektif mengangkat kotoran serta bakteri yang memenuhi wajah kita setelah seharian beraktifitas.

 

  • Mencerahkan kulit

Kandungan asam yang terdapat dalam sari atau perasan buah lemon bias menghilangkan noda hitam yang nampak pada wajah Anda. Asam yang terkandung dalam sari lemon juga terbukti mencerahkan wajah Anda serta membuat kulit wajah Anda nampak lebih segar. Namun jangan gunakan tips ini jika terdapat luka pada kulit wajah. Karena kandungan asam pada lemon bisa membunuh antibakteri yang sedang memperbaiki kulit yang terluka itu. Tentunya jika terkena luka, akan terasa sangat perih.

 

  • Manfaat Lemon Bagi Kesehatan

Manfaat lain dari lemon sebagai bahan konsumsi sangat banyak. Selain sebagai zat yang efektif untuk membakar lemak, buah lemon juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Lemon terbukti bias meningkatkan daya stamina manusia. Zat anti bakteri dan antioksidan juga berperan aktif di dalam tubuh. Buah lemon lebih efektif dikonsumsi dalam keadaan panas atau hangat. Panas bisa lebih cepat proses pengolahan zat-zat dalam tubuh. Berikut manfaat buah lemon yang diolah dalam keadaan panas atau hangat:

 

  • Dapat melancarkan proses pencernaan

Lemon hangat efektif mengangkat racun di dalam tubuh dan merangsang hati untuk lebih banyak mengeluarkan cairan empedu. Pada hal ini maka kotoran-kotoran yang terdapat di dalam usus besar segera didorong keluar.

 

  • Meningkatkan kekebalan tubuh

Lemon dicampur madu dan air hangat mampu menyerap lebih banyak zat besi. Zat besi di dalam tubuh sangat berperan aktif pada fungsi kekebalan tubuh. Di dalam minuman lemon hangat juga mengandung saponin yang memiliki fungsi antimikroba. Biasakan minum ramuan lemon dan madu dengan air hangat setiap pagi.

 

  • Menyeimbangkan pH di dalam tubuh

Lemon sebenarnya bersifat basa. Pada tubuh manusia cenderung memiliki sifat asam. Sehingga mengkonsumsi lemon hangat membuat pH asam di dalam tubuh berkurang. Stamina manusia akan bertambah jika pH di dalam tubuh dalam keadaan seimbang.

 

  • Membuat nafas segar

Lemon membuat nafas kita terasa segar. Aroma lemon terbukti mengangkut aroma tak sedap dalam mulut. Namun jangan sering berkumur menggunakan air lemon, selain menyegarkan mulut lemon juga bias merusak email gigi. Buah ini merupakan solusi tepat bagi Anda yang mengalami masalah bau mulut.

 

JAHE

Jahe (Zingiber officinale), adalah tanaman rimpang yang sangat populer sebagai rempah-rempah dan bahan obat. Rimpangnya berbentuk jemari yang menggembung di ruas-ruas tengah. Rasa dominan pedas disebabkan senyawa keton bernama zingeron.

Jahe termasuk suku Zingiberaceae (temu-temuan). Nama ilmiah jahe diberikan oleh William Roxburgh dari kata Yunanizingiberi, dari Bahasa Sanskerta, singaberi.

Minyak atsiri zingiberena (zingirona), zingiberol, bisabolena, kurkumen, gingerol, filandrena, dan resin pahit.

Jahe memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan,di antaranya:

 

  • Menurunkan tekanan darah (hipertensi).

Hal ini karena jahe merangsang pelepasan hormon adrenalin dan memperlebar pembuluh darah, akibatnya darah mengalir lebih cepat dan lancar dan memperingan kerja jantung memompa darah.

  • Membantu pencernaan

Jahe mengandung enzim pencernaan yaitu protease dan lipase, yang masing-masing mencerna protein dan lemak.

  • Mencegah tersumbatnya pembuluh darah

Gingerol pada jahe bersifat antikoagulan, yaitu mencegah penggumpalan darah. Jadi mencegah tersumbatnya pembuluh darah, penyebab utama stroke, dan serangan jantung.

  • Mencegah mual

Jahe mampu memblok serotonin, yaitu senyawa kimia yang dapat menyebabkan perut berkontraksi, sehingga timbul rasa mual. Termasuk mual akibat mabuk perjalanan.

  • Membuat lambung menjadi nyaman

  • Meringankan kram perut

  • Membantu mengeluarkan angin

  • Menetralkan radikal bebas.

Jahe juga mengandung antioksidan yang membantu menetralkan efek merusak yang disebabkan oleh radikal bebas di dalam tubuh.

  • Pereda rasa sakit yang alami dan dapat meredakan nyeri rematik, sakit kepala, dan migrain

Caranya, minum wedang jahe 3 kali sehari. Bisa juga minum wedang ronde, mengulum permen jahe, atau menambahkan jahe saat pada soto, semur, atau rendang.

  • Obat kompres pada sakit kepala

Caranya dengan ditumbuk dan diberi sedikit air dapat dipergunakan sebagai obat kompres pada sakit kepala dan dapat dipercikan ke wajah orang yang sedang menggigil.

  • Memperkuat pencernaan makanan dan mengusir gas di dalamnya, mengobati hati yang membengkak, batuk dan demam 

Caranya dengan menumbuk rimpang lalu direbus dalam air mendidih selama lebih kurang ½ jam, kemudian diminum airnya.

  • Mengobati rematik 

Siapkan 1 atau 2 rimpang jahe. Panaskan rimpang tersebut di atas api atau bara dan kemudian ditumbuk. Tempel tumbukan jahe pada bagian tubuh yang sakit rematik. Cara lain adalah dengam menumbuk bersama cengkeh, dan ditempelkan pada bagian tubuh yang rematik.

  • Mengobati luka karena lecet, ditikam benda tajam, terkena duri, jatuh, serta gigitan ular

Caranya rimpang jahe merah ditumbuk dan ditambahkan sedikit garam. Letakkan pada bagian tubuh yang terluka.

  • Mengobati gatal karena sengatan serangga

Caranya dengan menumbuk rimpang lalu digunakan sebagai obat gosok.

 

BAWANG PUTIH

Bawang putih mengandung minyak atsiri, yang bersifat anti bakteri dan antiseptik. Kandungan allicin dan aliin berkaitan dengan daya anti kolesterol untuk mencegah Jantung koroner, tekanan darah tinggi dan lain-lain. Selain itu juga, umbi bawang putih mengadung beberapa zat diantaranya :

Kalsium : bersifat menenangkan sehingga cocok sebagai pencegah hipertensi.

Saltivine : bisa mempercepat pertumbuhan sel dan jaringan serta merangsang susunan sel saraf.

Diallysulfide, alilpropil-disulfida : anti cacing.

Belerang

Protein

Lemak

Fosfor

Besi

Vitamin A, B1 dan C.

Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan

  • Mengontrol berat badan

Berat badan adalah masalah klasik yang dari dulu hingga sekarang menjadi masalah bagi sebagian orang, terkait dengan hal ini ada penelitian yang menggunakan tikus sebagai bahan eksperimennya. Hasilnya tikus yang diberi makan bawang putih mengalami penurunan berat badan, sedang tikus lain yang diberi makan buah lainnya mengalami kenaikkan berat badan. 

  • bat Flu dan Batuk

Kandungan sulfur yang terkandung dalam bawang putih membuatnya memiliki bau dan rasa yang khas dapat meningkatkan dan mempercepat kegiatan membran mucous di saluran pernapasan, yang membantu melegakan pemampatan dan mengeluarkan lendir. Bawang putih mentah mengandung phytochemical yang dapat membantu membunuh bakteri dan virus penyebab penyakit. Pada tahun 1992, peneliti dari Universitas Brigham Young di Utah melaporkan bahwa bawang tumbuk dalam minyak membunuh bukan hanya membunuh rhinivirus tipe 2 (penyebab umun flu), tetapi juga membunuh 2 macam herpes (penyakit kulit menular) dan beberapa virus umum lainnya.

  • Meringankan diabetes

Seperti yang telah kami jelaskan pada kesempatan yang lalu bahwa diabetes adalah kondisi dimana gula darah tidak dapat diubah menjadi energi karena tubuh tidak dapat memproduksi insulin dalam kadar yang cukup. Bawang putih diketahui dapat membantu dan merangsang tubuh untuk memproduksi insulin lebih banyak hingga dapat mengubah gula darah menjadi energi dan meringankan diabetes.

  • Mencegah penyakit kanker

30 persen kaum hawa diperkirakan mengidap penyakit kanker, sedangkan kaum pria sebanyak 50 persen. Jumlah ini tentu sangat menghawatirkan karena kanker merupakan salah satu penyakit yang banyak menyebabkan kematian pada manusia. Untungnya penemuan terkini menyatakan bahwa orang yang mengkonsumsi bawang putih sebanyak 1 atau 2 kali dalam seminggu dapat menurunkan resiko kanker dua kali lipat dibanding dengan orang yang tidak pernah mengkonsumsi bawang putih dalam setiap minggunya.

  • Mengurangi bahaya radikal bebas

Radikal bebas merupakan senyawa yang ada dalam setiap tubuh manusia, hal ini baru menjadi masalah serius jika senyawa tersebut menumpuk dalam tubuh. Bawang putih bekerja sebagai antioksidan alami yang dapat mengurangi dan mencegah penumpukan senyawa tersebut.

  • Mengontrol kolesterol

40 persen manusia dewasa tercatat memiliki masalah serius dengan kadar kolesterol yang tinggi. Jika ini dibiarkan maka dapat membentuk plak yang menyumbat peredaran darah dan menyebabkan serangan jantung. Bawang putih sudah terbukti secara medis dapat mengurangi LDL hingga 20 persen.

  • Menurunkan tekanan darah tinggi

Jika darah tinggi tidak segera diatasi maka dapat menyebabkan serangan jantung dan stroke. Bawang putih diketahui dapat menurunkan tekanan darah hingga 5 persen, selain itu bawang putih juga diyakini dapat menurunkan resiko stroke pada seseorang hingga 40 persen.

MONJAWANG

Ketika ketiga herbal penuh manfaat itu (plus madu dan cuka apel) diformulasikan menjadi suspensi dengan takaran yang telah melalui riset dan penelitian mendalam, hasilnya adalah ramuan ajaib yang mampu mengobati berbagai macam penyakit seperti:

Jantung

Kolesterol

Darah Tinggi

Stroke

Asam Urat

Diabetes

Kanker

Obesitas

Infertilitas (masalah kesuburan)

Gagal Ginjal

Pneumonia (infeksi paru)

Migrain

Vertigo

Prostat

Asma

Bronkitis

Influenza

Wasir

Maag

Amandel

Herpes

Parkinson

Osteoporosis

Hepatitis A-E

dll.

Semoga bermanfaat.[DO]

Mereka yang sudah mengonsumsi MONJAWANG +

 
 
 
 
dokterku online sehat dengan cara pintar
dokterku online sehat dengan cara pintar
dokterku online sehat dengan cara pintar
dokterku online sehat dengan cara pintar

© dokterkuonline - 2014, Partnership, Sponsorship, & Advertisement : dokterkuonline@gmail.com   designed by Kimpoel's Creative Community

  • w-facebook
  • Twitter Clean
  • w-googleplus