top of page

Tips: Menghindari Flu di Musim Hujan



Sebentar lagi musim hujan akan tiba. Pada kondisi yang lembab tersebut kuman akan bertahan hidup lebih lama dan menyebabkan kuman untuk dapat berkembangbiak.


Perubahan cuaca tersebut dapat menyebabkan penurunan daya tahan tubuh sehingga tubuh rentan terhadap penyakit. Penyakit yang sering timbul saat musim hujan adalah flu dengan gejala batuk, pilek, nyeri sendi, demam, sakit kepala dan sakit tenggorokan. Penyakit flu sangat mudah menular terutama bagi seseorang yang daya tahan tubuhnya menurun.


Agar kita dapat terhindar dari flu ada beberapa tips yang dapat dilakukan antara lain:


1.Istirahat yang cukup

tidur malam yang cukup sangat penting untuk menjaga daya tahan tubuh terhadap penyakit. Saat tidur tubuh akan meregenerasi dan memperbaiki sel-sel tubuh sehingga daya tahan tubuh menjadi kuat kembali dan dapat melindungi tubuh dari infeksi virus maupun bakteri. Lama tidur malam yang ideal bagi orang dewasa berkisar antara 7-8 jam untuk menjaga tubuh tetap sehat.


2. Olahraga teratur

Olahraga yang dilakukan secara teratur dapat meningkatkan daya tahan tubuh seseorang. Hasil sebuah studi menunjukkan bahwa olahraga selama 20 menit sehari dapat membantu mencegah tubuh terserang flu. Selain itu studi yang dilakukan London School of Hygiene & Tropical Medicine ini juga mengatakan, bahwa dua setengah jam olahraga berat dalam seminggu mampu mengurangi risiko penyakit seperti flu sebanyak 10%.


Dari 4.800 peserta studi, para peneliti menemukan ada 100 kasus penyakit flu dari setiap 1.000 orang yang dapat dicegah hanya dengan latihan dan olahraga. Meski demikian menurut para peneliti, intensitas olahraga juga sangat mempengaruhi seberapa besar efek olahraga dalam pencegahan penyakit flu.


3. Minum cukup air putih

Minum air putih bagi tubuh sangatbermanfaat untuk menjaga agar fungsi tubuh berjalan dengan baik sehingga sistem kekebalan tubuh menjadi meningkat. Selain itu minum air putih dapat membersihkan racun sehingga tubuh tetap sehat dan tidak mudah terserang penyakit.


4. Vaksinasi Flu

Dianjurkan di lakukan setiap setahun sekali. Dengan melakukan vaksinasi flu secara rutin maka dapat mengurangi angka kesakitan akibat penyakit flu serta meningkatkan kualitas hidup.


5. Sering mencuci tangan

Tangan sering membawa kuman saat bersentuhan dengan cairan tubuh seperti ingus daripenderita flu baik secara kontak langsung (saat berjabat tangan) maupun tidak langsung (melalui alat-alat dan perabot rumah tangga). Meningkatkan kebersihan tangan dengan mencuci tangan dengan sabun dengan air mengalir merupakan cara terbaik untuk melindungi diri dari infeksi flu.


6. Mengkonsumsi asupan makanan dengan gizi seimbang

Diet seimbang dengan meningkatkan asupan protein serta buah-buah yang banyak mengandung vitamin C dan sayurandi butuhkan untuk melawan infeksi.


7. Hindari stress

Tingkat stres yang tinggi dipercaya oleh para ahli dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh terhadap flu, dan bahkan memberikan gejala yang lebih buruk jika terkena. Cobalah latihan seperti yoga, dan meditasi untuk membuat fikiran tenang. Berfikiran positif adalah salah satu tips untuk menghindari stres tinggi.

8. Jangan dekat dengan penderita flu

Jika penderita flu batuk atau bersin jangan mendekat.


“Prepared by dr Novie Hediyani, MKK”

SUMBER :

  • http://duniafitnes.com/news/berapa-lama-waktu-olahraga-untuk-cegah-flu-ini-dia.html

  • http://www.lifebuoy.co.id/healthmap/infection-prevention/flu?gclid=CIWgiabM0sgCFRcVjgodNZUPrw

  • ttp://www.esquire.co.id/article/2015/10/2371-Makan-Sehat-di-Musim-Hujan-bagian-1


Cari di Arsip dokterkuonline:

Baca Artikel Lain:

Join our mailing list

Never miss an update

  • Facebook Social Icon
  • Twitter Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • Pinterest Social Icon
  • Instagram Social Icon
bottom of page