Rahasia Bugar dan Sehat saat Ibadah Haji


ebentar lagi akan memasuki bulan Haji, di mana para jemaah haji akan melakukan perjalanan ibadah ke tanah suci. Saat menunaikan ibadah haji memerlukan kekuatan yang prima baik itu fisik maupun mental. Selain itu waktu tempuh perjalanan yang cukup panjang, cita rasa makanan lokal yang kurang sesuai dengan kondisi lidah dan perut orang Indonesia dan cuaca serta kelembaban udara yang berbeda dengan di tanah air akan berisiko terhadap kesehatan para jamaah saat melakukan ibadah haji.


Selain itu kontak dengan para jamaah dari berbagai bangsa di dunia yang membuat kondisi tanah suci menjadi luar biasa padat, sehingga bisa menjadi faktor yang memudahkan terjadinya penularan berbagai penyakit menular yang dapat menpengaruhi kesehatan para jamaah haji.

Cuaca panas yang bisa mencapai 50 derajat Celcius atau lebih dapat membuat para jemaah haji berisiko mengalami dehidrasi dan heat stroke. Belum lagi risiko kelelahan akibat perjalanan panjang yang bisa memicu kambuhnya penyakit bawaan yang sudah diderita para jamaah.


Agar perjalanan ibadah haji berjalan dengan baik, berikut beberapa TIPS yang dapat di persiapkan guna memperkecil risiko gangguan kesehatan yang mungkin timbul saat menjalankan ibadah haji.


SEBELUM BERANGKAT :

  • Istirahat yang cukup beberapa minggu sebelum keberangkatan